main31 main2 main23
Company News
General News
Issuer News
Capital Market News
IDX Announcement
Inilah antrean IPO di kuartal dua tahun ini
03-04-2017 11:00 (investasi.kontan.co.id)

JAKARTA. Jumlah saham yang mengisi papan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal kembali bertambah. Sejumlah calon emiten sudah bersiap menggelar initial public offering (IPO) kuartal dua tahun ini. Sejumlah emiten bahkan sudah mulai menjalankan proses penerbitan saham perdana ini.

Dengan demikian, ada kemungkinan kuartal kedua tahun ini menjadi tahun yang ramai IPO. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah memproses rencana IPO 15 emiten. "Mereka memakai laporan keuangan Desember, jadi secara teori, Juni selesai," kata Tito Sulistio, Direktur Utama BEI, Jumat (31/3). Rata-rata perusahaan yang akan IPO memiliki aset berkisar Rp 500 miliar sampai Rp 5 triliun.

Jika proses ini lancar, jumlah emiten yang melepas saham perdana di paruh pertama tahun ini jauh lebih banyak ketimbang 2016. Di semester satu tahun lalu, hanya 8 emiten yang IPO, tiga di antaranya yang menggelar IPO di kuartal I-2016 (lihat tabel).

Salah satu emiten yang telah melakukan mini expose di BEI Kamis lalu adalah PT Mark Dynamics Indonesia, dengan underwriter Panin Sekuritas. Perusahaan manufaktur yang di Sumatra Utara ini membidik dana segar Rp 40 miliar lewat IPO.

Sriwijaya Air pun punya niatan melepas saham di bursa paruh pertama tahun ini. Perusahaan penerbangan ini berencana melepas sekitar 25% saham. Tapi, maskapai ini masih enggan menyebut target dana IPO. Adapun, underwriter IPO: CLSA CITIC dan RHB Securities.