main31 main2 main23
Company News
General News
Issuer News
Capital Market News
IDX Announcement
BEI akan depak empat emiten
21-03-2017 17:00 (investasi.kontan.co.id)

JAKARTA. Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat mengungkapkan, ada tiga atau empat perusahaan Tbk yang terancam terdepak dari lantai bursa alias delisting (penghapusan pencatatan) pada tahun ini.

Penyebabnya adalah lebih dari dua tahun para emiten BEI tersebut tidak memenuhi kewajiban keterbukaan terhadap investor publik, seperti menyampaikan laporan keuangan. "Ada tiga-empat perusahaan yang potensi delisting," kata Samsul ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Samsul mengatakan, perusahaan Tbk yang berpotensi delisting tersebut saat ini tengah dihentikan perdagangannya (suspensi). Saat ini ada 27 perusahaan Tbk yang disuspensi oleh otoritas bursa, 3-4 diantaranya masuk radar delisting.

Adapun penyebab suspensi, menurut Samsul, sangat beragam. Ada yang disuspensi lantaran transaksinya yang berfluktuasi terlalu tinggi, ada juga yang disuspensi karena tidak bisa memenuhi kewajiban keterbukaan terhadap investor publik.

"Sektornya macam-macam, ada transportasi, ada consumer goods. Delisting kami pertimbangkan bagi perusahaan yang sudah tidak berkeinginan memenuhi ketentuan di pasar modal, ada mekanisme delisting," pungkas dia.